9 Cara Obati Sakit Hati Karena Putus Cinta




Tak ada orang yang tidak merasakan sakit setelah putus cinta, terlebih lagi jika kita berada di pihak yang diputuskan kekasih. Untuk beberapa orang, putus cinta bahkan bisa meninggalkan luka mendalam yang sulit hilang dan berlangsung lama.

Putus cinta memang menyakitkan, tapi cobalah untuk tidak terjebak dalam kesedihan berlarut-larut. Berikut ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit hati setelah putus cinta:




1. Jangan Bertemu dengan Mantan Kekasih Sementara Waktu
Setelah putus cinta, hindari bertemu atau berhubungan dengan mantan kekasih sobat . Perasaan sayang yang masih ada mungkin mendorong sobat untuk menelepon, mengirim pesan teks atau bertemu dengannya. Tapi tindakan ini justru akan mengingatkan sakitnya putus cinta. Kalian harus benar-benar putus hubungan dengan sang mantan, setidaknya untuk beberapa bulan untuk menyembuhkan sakit hati.


2. 'Nikmati' Rasa Sakit Itu
http://globalassociationofholisticpsychotherapy.com/wp-content/uploads/2012/03/open-your-heart.jpgAdalah hal yang sangat wajar ketika kita kehilangan seseorang yang dicintai. Saat merasakan sakit, itu berarti sebuah tanda bahwa sobat sedang dalam proses penyembuhan. Menangislah jika kalian ingin menangis, dan berteriaklah jika memang itu bisa membuat perasaan sedikit lega. Rasa sakit setelah putus cinta bisa menginspirasi kalian untuk mengerjakan sesuatu yang lebih baik, yang tidak pernah sobat lakukan sebelumnya.

3. Menyibukkan Diri
Cara terbaik menyembuhkan luka karena putus cinta dan melupakan mantan adalah dengan menyibukkan diri. Sobat tidak akan memikirkan mantan kekasih jika tidak memberi kesempatan otak untuk mengingatnya. Cobalah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan. Pilih aktifitas yang kalian senangi. Tidak hanya menyegarkan pikiran, banyak beraktifitas juga mengalihkan pikiran sobat dari sang mantan.



4. Curahkan Kesedihan Sobat Hanya Kepada Teman Dekat
Boleh saja menceritakan bagaimana sakit hatinya kalian setelah putus cinta. Tapi bukan berarti sobat bisa membicarakannya ke setiap orang yang kalian temui. Bukannya bersimpati, tindakan ini justru bisa membuat teman-teman menjauhi kalian. Bijaklah dalam menyikapi 'tragedi' putus cinta yang sobat rasakan. Bicaralah hanya pada sahabat atau orang yang dekat dengan kalian, cukup mengerti kalian dan mau mendengar setiap keluh kesah. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut bisa menenangkan, mencarikan solusi dan mendorong sobat untuk melanjutkan hidup.

5. Tumpahkan Perasaan Sobat dalam Tulisan
Menumpahkan semua kekesalan dalam tulisan bisa jadi alternatif lain untuk meredakan sakit hati akibat putus cinta. Keluarkan semua rasa sakit, frustasi dan kemarahan sobat dalam buku harian, secarik kertas atau komputer (tapi jangan menyebarkannya ke grup email atau jejaring sosial). Setelah sembuh dari masa lalu menyakitkan, sobat bisa membacanya kembali sebagai alat introspeksi untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan berikutnya.

6. Meditasi
Meditasi adalah salah satu tehnik lama untuk relaksasi dan mengendurkan pikiran yang tegang. Duduklah dengan tenang di dalam kamar, tutup mata, ambil nafas dalam-dalam, dan keluarkan secara perlahan. Sambil relaksasi, sobat bisa menjauhkan hal-hal negatif dari pikiran sobat. Nyalakan lilin aromaterapi dan musik instrumental untuk menambah perasaan tenang saat relaksasi.

7. Beri Perhatian Pada Keluarga
Orang tua, kakak maupun adik mungkin adalah orang-orang yang berpengaruh besar pada kehidupan sobat. Mereka akan selalu berada di sisi kalian saat senang maupun susah. Saat menjalin hubungan asmara dengan mantan kekasih, mungkin kalian tidak menyediakan banyak waktu untuk keluarga. Inilah saatnya bagi sobat untuk lebih banyak mencurahkan waktu dan berkumpul bersama keluarga. Coba ajak mereka rekreasi, atau sekedar makan malam bersama. Kehangatan keluarga merupakan obat paling manjur untuk menyembuhkan luka.




8. Fokus pada Karir
Jangan sampai kesedihan mengganggu performa kerja sobat. Mungkin akan sulit berkonsentrasi kerja saat kita didera masalah. Tapi cobalah untuk menjadikan karir sebagai prioritas dalam hidup kalian. Dengan fokus dalam bekerja, tak hanya membantu sobat sekalian melupakan sakit hati, tapi juga meningkatkan performa kerja sobat di kantor.



9. Nikmati Kesendirian
Sembuh dari sakit karena putus cinta memang bukan hal mudah. Karena itu, sobat butuh waktu menenangkan diri untuk beberapa lama. Jangan langsung mencoba jalin hubungan baru setelah putus cinta untuk pelarian.


Share:

0 comments